Jumat, 13 Februari 2015

Belajar Membuat Traffic Light Dengan Visual Basic 6

Ketik Visual Basic! Selamat pagi, dah lama tidak memposting sebuah catatan di blog belajar visual basic 6.0. Hal ini dikarenakan kesibukan ... thumbnail 1 summary
Ketik Visual Basic! Selamat pagi, dah lama tidak memposting sebuah catatan di blog belajar visual basic 6.0. Hal ini dikarenakan kesibukan bekerja dan belajar seni investasi, maklumlah untuk menyambut hari esok yang lebih baik. OK, kita langsung saja bahas topik dipagi hari ini yaitu belajar membuat traffic light dengan visual basic 6.0.

Perlu diketahui bahwa prinsip traffic light ini sangat mirip dengan yang sering kita jumpai di perempatan jalan yaitu nyalanya lampu berwarna hijau, kuning, dan merah secara bergantian berdasarkan waktu. Berapa lama mereka nyala disesuaikan dengan padat tidaknya perempatan jalan tersebut. Berikut ini adalah gambaran sederhanya,


yang perlu dipersiapkan untuk membuat traffic light ini adalah sebuah form, timer, dan shape (1,2,3,&4). Setelah itu memasukkan kode pemrograman visual basic 6.0 seperti berikut:

Private Sub Timer1_Timer()
If Shape2.Visible Then

Shape3.Visible = True
Shape2.Visible = False
Shape4.Visible = False

ElseIf Shape3.Visible Then

Shape4.Visible = True
Shape3.Visible = False
Shape2.Visible = False

Else

Shape2.Visible = True
Shape3.Visible = False
Shape4.Visible = False

End If

End Sub


Sebelum menjalankannya silahkan setting object visual basic seperti berikut ini: Timer1=4000 (setara 4 secon); Shape2=True; Shape3=False; dan Shape4=False.

Nah, jika sudah mengikuti langkah-langkah tersebut silahkan dicoba untuk menjalankan program ini. Dan hasilnya akan kelihatan seperti gambar berikut,


Seperti terlihat di dalam kode pemrograman bahwa traffic light perempatan tersebut hanya sebuah permainan display warna dan waktu tunda.

Sekian posting pada kesempatan kali ini dan selamat mencoba membuat traffic light dengan visual basic 6.0. Semoga bermanfaat.

3 komentar

  1. Terima kasih, sudah dicoba dan nyata. Selamat berkarya semoga bahagia slalu.

    BalasHapus
  2. If you're trying hard to lose fat then you have to try this brand new tailor-made keto meal plan diet.

    To create this keto diet service, licensed nutritionists, fitness couches, and cooks have united to develop keto meal plans that are effective, decent, price-efficient, and delightful.

    From their first launch in 2019, 100's of clients have already remodeled their body and health with the benefits a great keto meal plan diet can provide.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-proven ones offered by the keto meal plan diet.

    BalasHapus