Rabu, 03 Oktober 2012

Cepat Mahir Menguasai Visual Basic 6.0

Ketik Visual Basic - Hello guys, kali ini akan Saya tulis mengenai basic atau dasar mengenai visual basic sebelum menjadi mahir mengusai vi... thumbnail 1 summary
Ketik Visual Basic - Hello guys, kali ini akan Saya tulis mengenai basic atau dasar mengenai visual basic sebelum menjadi mahir mengusai visual basic 6. Seperti orang belajar atau sekolah maka kita pasti harus masuk sekolah dasar, SD, dahulu sebelum bisa masuk ke jenjang SMP, SMA, dan Kuliah, begitu juga ketika belajar visual basic.

Pengenalan visual basic 6

Tak kenal maka tak sayang, itulah pepatah yang benar adanya. Maka oleh sebab itu perlu diketahui bahwa visual basic adalah sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dikembangkan oleh perusahaan microsoft sejak tahun 1991 dari bahasa pendahulunya BASIC (Beginner's All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an. Sekaligus sebagai sebuah bahasa pemrograman yang mendukung OOP (Object Oriented Programming).

Visual basic merupakan sebuah development tool yang digunakan oleh banyak orang untuk membuat sebuah aplikasi komputer khususnya yang menggunakan sistem operasi windows.

Integrated Development Environtment (IDE) VB 6

Sebelum membuat sebuah aplikasi menggunakan visaul basic 6 maka kita perlu mengenal area kerja yang ada, yang disebut sebagai IDE. Untuk membukanya ikuti langkah-langkah berikut.
  1. Aktifkan VB 6 dengan cara: Klik Start > Programs > Microsoft Visual Studio 6.0 > Microsoft Visual Basic 6.0 
  2. Pilih Standard Exe dan klik tombol Open
  3. Akan tampil daerah kerja atau IDE VB 6 seperti gambar berikut
  4. IDE VB 6
Keterangan IDE VB 6:
  • (1) Menubar
  • (2) Toolbar
  • (3) Toolbox
  • (4) Jendela form
  • (5) Project explorer
  • (6) Jendela properties

Mengenal Object, Property, Method dan Event

Didalam bahasa pemrograman yang berbasis obyek (OOP) maka kita perlu memahami mengenai istilah-istilah berikut ini:
  • Object adalah komponen di dalam sebuah program
  • Property adalah karakteristik atau sifat yang dimiliki object
  • Method adalah aksi atau tindakan yang dapat dilakukan oleh object
  • Event adalah kejadian yang dapat dialami oleh object
Ilustrasi istilah-istilah tersebut dapat kita peroleh jika kita mengamati sebuah mobil sebagai object yang dapat memiliki property, method, dan event.


Ilustrasi mobil tersebut diatas jika kita bawa pada pelajaran visual basic maka akan menjelaskan hal sebagai berikut. Form bertindak sebagai object yang mempunyai property (seperti caption; border; backcolor), method (seperti hide, move, dan show), dan event (seperti click, load, dan resize).

Tidak ada komentar

Posting Komentar